UNTUK MENCARI PUISI-PUISIMU CUKUP KETIK NAMAMU DI KOLOM "SEARCH" LALU "ENTER" MAKA SELURUH PUISIMU AKAN TAMPIL DI SINI

Rabu, 24 Juli 2013

BAGAIMANA MENULIS PUISI ?

Sebagaimana kita ketahui bahwa puisi itu adalah karya sastra.Puisi memerlukan daya imaginasi yang tinggi disamping memiliki perbendaharaan kata dengan bahasa yang digunakan dalam penulisan sebuah puisi.Menulis sebuah puisi bukan berdasarkan penyairnya berasal dari fakultas sastra jurusan sastra,apakah sastra Indonesia,sastra Inggris atau sastra lainnya tetapi tergantung pada daya imaginasi dan kreatifnya sebagai seorang pengarang puisi. Sebagai contoh bahwa banyak penyair Indonesia menulis puisi dalam bahasa Indonesia maupun Inggris bukan berasal dari fakultas sastra seperti Sutarji Goulsum Bahri,Mustahari Sembiring,Soetan Radjo Pamoentjak,
dan penyair-penyair lainnya.

Menulis sebuah puisi bukan suatu hal yang gampang karena puisi itu memerlukan
sikap,metodologi,pengetahuan teoritis tentang puisi dan terutama sekali kreatif disamping memiliki daya imaginatif yang tinggi dalam mengekspresikan ide dalam menuangkan tema puisi yang ditulis.Dalam penulisan puisi,penyair harus bersifat konsisten dalam menentukan tema dengan diksi yang tepat disamping penyairnya konsisten mempertanggungjawabkan aspek-aspek berkaitan dalam penulisan puisi sebabagai hasil kreasinya.

Pada prinsipnya,seorang penulis (1). Harus berani dan memiliki bakat(talent) dalam penulisan puisi; (2). Seorang penulis puisi memiliki perbendaharaan kata yang banyak dengan bahasa digunakan dalam penulisan puisi; (3). Seorang penulis puisi paling tidak memiliki pengetahuan teoritis tentang puisi;(4). Seorang harus banyak membaca puisi-puisi yang ditulis oleh penyair lain;(5).Banyak berlatih menulis puisi supaya mahir dalam pengungkapan kata-kata yang digunakan untuk menulis puisi yang dimaksud;(6).Sebelum memulai menulis puisi, seorang harus konsentrasi dan meresapi sesuatu yang hendak ditulis,diekspresi mengacu pada tema dengan pemilihan diksi yang tepat berdasarkan objek sesuatu benda berupa gambar atau sesuatu yang menyentuh perasaan dan lain sebagainya bila perlu.

Contoh : Seorang ingin menulis sebuah puisi dengan tema"Kasih Sayang".Dalam hal ini, penyair harus memikirkan apa yang menjadi topik puisi dengan tema yang dimaksud seiring dengan pemilihan kata yang sesuai dengan tema tersebut di atas.Dalam hal ini, penyair harus tahu :(1).Mengapa dia menulis puisi dengan tema yang dimaksud ?;(2).Pilihan kata atau diksi apa yang tepat digunakan dalam penulisan puisi itu?;(3).Apa tujuan dan objekif penulisan puisi dimaksud?

Oleh : Siamir Marulafau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar