. JENDELA PUISI: MAKNA NAMA - NAMA HARI
RUANG PEKERJA SENI ADALAH GROUP DI JEJARING SOSIAL FACEBOOK, BERTUJUAN…MENGEPAKKAN SAYAP – SAYAP PERSAHABATAN…MELAHIRKAN KEPEDULIAN ANTAR SESAMA…MEMBANGUN SILATURAHMI/TALI ASIH…SAHABAT LEBIH INDAH DARIPADA MIMPI.

Senin, 22 September 2014

MAKNA NAMA - NAMA HARI


Dalam literatur berbagai kebudayaan seperti: tradisi Gaelik Irlandia, Jerman, dan juga Asia, nama-nama hari yang digunakan dalam bahasa Inggris sesungguhnya disesuaikan dengan nama-nama berhala (pagan) yang mereka sembah.

1. Sunday (sun’s day) atau hari matahari, bahasa latinnya dies solis. Orang-orang babilon menyembah matahari sebagai shamash, dan nama-nama yang digunakan untuk itu adalah: Baal, moloch, ahura-mazda,dagon, ra, sol, marduk, mithras, khrisna, aton, woden, zeus, deus, dan gott. Pada tahun 321, constantine mengganti sabbat, dan membuat sunday menjadi hari istirahat.

2. Monday (moon’s day) bahasa latinnya, dies lunae atau hari bulan. Mona lisa berarti ‘moon lily’. Artemis (diana), selalu dilukiskan dengan bulan sabit di bawah kakinya (kita mengenal gambar maria, dewi kwan im juga dengan bulan sabit di kaki mereka).

3. Tuesday (tiw’s day) = mardi = hari mars, mars adalah dewa perang Roma. Kalendar Roma juga didasarkan atas pagan, nama dewa ini dipakai di bulan ke-3, yaitu march. Orang-orang Yunani Kuno memanggil hari ini ‘tiu daeg’. Tiu adalah nama dari anak laki-laki woden dan frigga, berhala para ‘imam’ jaman dulu.

4. Wednesday (wodin’s day), Odin atau Woden, ketua dewa Norse, yang memerintahkan Valkries dengan kuda yang berkaki delapan. Woden dipercayai sebagai suami dari Frigga, dan bapak dari Thor.

5. Thursday (Thor’s day), dewa guntur Norse dan anak laki-lakinya Woden, dikenal juga sebagai Taranus, atau Dutch Doonner (nama yang diberikan pada rusa kutubnya santa claus), melekat dengan hari Roma Jupiter.

6. Friday (Freya’s day), dikenal juga sebagai Frigga, istri dari Woden, lambangnya adalah ikan (lambang kesuburan), yang sering dipakai sebagai lambang kristen. Ikan muda bernama ‘fry’. Orang-orang katolik dapat memberitahukan anda bagaimana dan kapan ‘fish fry’ terjadi, tetapi mereka ambil dari tradisi pagan. Orang-orang Roma memanggilnya Astarte, atau Venus. Dia adalah earth mother, dengan banyak panggilan seperti: Asherah, Astaroth, Ishtar, Easter, Nanna, dan lainnya. Orang-orang Yunani menghormati dewi Aphrodite, dewi cinta, kecantikan dan kenikmatan seks.

7. Saturday (saturn’s day), Saturn adalah dewa pertanian Roma, dan hari ini dikhususkan untuknya. Planet ke-6 dinamakan untuk menghormati dewa ini. Di india dinamakan dewa Shani Pooja. Hari raya saturnalia, diubah menjadi hari natal, pada tahun 525. Hari ini, adalah hari istirahat yang diberikan tuhan kepada umat yahudi dan kristiani yang sebenarnya, bukan sunday (minggu).
Oleh : AGatho Da Silva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar