UNTUK MENCARI PUISI-PUISIMU CUKUP KETIK NAMAMU DI KOLOM "SEARCH" LALU "ENTER" MAKA SELURUH PUISIMU AKAN TAMPIL DI SINI

Kamis, 31 Desember 2020

Kumpulan Puisi Siamir Marulafau - SILUMAN






SILUMAN
Karya : Siamir Marulafau


korona, Antara ada dan tiada
akan ke mana aku berlindung?
siang malam pikiran kusut
menghantui selalu dan kadang bulu kuduk
naik ke langit biru

keluar rumah pun takut
kapan berakhir virus ini?
akhir tahun pun mencekam negeri
langkah kaki berhenti

masker-masker berjejeran di pinggir -pinggir
biarlah dijahit membalut hidung tak terjangkit
akan ke mana aku dibuang jika korona berhenti
aku ragu ,apakah dia ada atau tidak di sekeliling?

Medan/29/12/2020





DI PENGHUJUNG TAHUN,2020
Karya :Siamir Marulafau


apa yang seharusnya diucapkan?
kadang lupa kadang ingat
terselip ucapan natal dan tahun baru
memang lidah tak bertulang,goyang terus

jika terucap,apakah lidahku salah?
tak ada dalilnya,dan hanya ulasan otak yang tercecer
dalam ayat pun deretan surah tak ada larangan
mengapa lidahku dihukum dan dipotong

aku hanya menyebut sebagai rasa kasih sayang
bukan merusak dan mengkaburkan akidahku
jika tak tahu, tak usah berdalih seribu kata
tahukah kau di mana bumi dipijak?

aneh tapi nyata,ikut-ikutan bagai lembu di tarik hidung
di penghujung tahun kiranya doa mujur
pergantian watak terlirik di langit biru
meminta maaf berbudi luhur
memaafkan tindakan Ilahi

hindari fitnah pada sesama
bintang-bintang di langit akan berkelip
bulan purnama pun memberi cahaya jika jalan setapak dilalui
ucapkanlah kebaikan pada hamba-hamba Tuhan

kemurkaan membawa bencana,konflik ke mana-mana
jika ucapan kebajikan pada orang dianggap pisau tajam
jangan membelah bumi dengan lidah tajam
Tuhan akan berpaling antara sesama

Medan,26-12-2020




DI PENGHUJUNG TAHUN,2020
Karya :Siamir Marulafau


apa yang seharusnya diucapkan?
kadang lupa kadang ingat
terselip ucapan natal dan tahun baru
memang lidah tak bertulang,goyang terus
jika terucap,apakah lidahku salah?
tak ada dalilnya,dan hanya ulasan otak yang tercecer
dalam ayat pun deretan surah tak ada larangan
mengapa lidahku dihukum dan dipotong
aku hanya menyebut sebagai rasa kasih sayang
bukan merusak dan mengkaburkan akidahku
jika tak tahu, tak usah berdalih seribu kata
tahukah kau di mana bumi dipijak?
aneh tapi nyata,ikut-ikutan bagai lembu di tarik hidung
di penghujung tahun kiranya doa mujur
pergantian watak terlirik di langit biru
meminta maaf berbudi luhur
memaafkan tindakan Ilahi
hindari fitnah pada sesama
bintang-bintang di langit akan berkelip
bulan purnama pun memberi cahaya jika jalan setapak dilalui
ucapkanlah kebaikan pada hamba-hamba Tuhan
kemurkaan membawa bencana,konflik ke mana-mana
jika ucapan kebajikan pada orang dianggap pisau tajam
jangan membelah bumi dengan lidah tajam
Tuhan akan berpaling antara sesama

Medan,26-12-2020



SHAKIL KALAM'S Anthology of English Poem" ESSENCE OF LOVE"
By : Siamir Marulafau, a lecturer of Faculty of Cultural Sciences, University of Sumatra Utara-Indonesia
penyairdcm2@gmail.com


I. INTRODUCTION AND ANALYSIS

The anthology of a poem entitled "Essence of Love" written in English has touched my heart since the writer is a brilliant writer of Bangladesh. He,who had written some topics of poems in this fine anthology was published. It is said that his anthology was originally written during thovid-19. No wonder if he is said as one of the activists in terms of writing poems with varies topics. All the topics he wrote are magnificent because they are written in a very good English with suitable themes in every poem written. It is a tremendous for me as an analyst and literary critic to read all the poems in his anthology.

The quality of this anthology gives readers fine and wide systems and techniques of writing, which brings new impacts of writing poems. This anthology contains many topics like : Essence of Love, Endorsments of Love Visa, Speaking of Artists and Art, The Broken -Glass Life, Love and Nature, The Thorns of Rose, Neither Poet nor Poetess, Firefly's Lighting and Dreamy , Star of the Distant Sky, Living with Mistakes, Twilight Ascension and others Stories, The Dawn's Narration of Tiger-hill, For Whom?, Who is He?, Adolescent Nature Wants to Dedicate Itself, My love , Kuntala, In The Southern Wind, Life in Wandering, The Poisonous Tree of Racism, Where Did You Get Lost, Where I Anchore, The Orange Coloured Moon, The Pale Moon-Night, The Lighthouse, Environment Got Its Original Form, I Love You , Make the Poet Barve, I Want Brightening Morning, I Will Go Abroad, The Story of a Dreamy Man, The World be Emerged with its New Looks and Outfits, A Mysterious Net, The Evolvements of Time,The First Day of Ashar, The auto biography of a Street, The Age of Corona, The Starry Night, Tale of a War, Birds of Dreamland, Reenergized Mind Calling You, Chewing the Cud of My Memories, Appetency, Black roses and white roses, This is how you go, Autobiography of Palestine, Alien, Dreams of Mandela, I will go to golden port, Companion of One Night.

Though the poems i have read seem very good but some of them make me be more attractive like "Essence of Love". This poem is written in the form of a narrative prose poetry. The writer seems to narrate something about the essence of love which comes from heaven or paradise and it goes to heaven such as imagery, some pains,joys and sorrows. In this poem, he further acknowleges that love does not mean any obstacle. Love dose not have boundaries with no caste, no religion, no distinction and no distances. Let's see these following lines :

" Love comes from heaven, it goes toheaven-
This is the word forever, it leaves some of its
Glories on this earth, it leaves some similies,
Examples, imagery, some pains, joys and sorrows,
Hopes and aspirations.Some more despair frustration"
"We know that love does not mean any obstacle,
There are more obstacles than its infinite speed
There are nomaps and no boundaries
There is no caste, no race, no religion,
no distinction and no distance"

The lines of poem which make me interested to read is that the poet directly gives fine suggestions to readers that they may not forget someone in the triumph of love. He further says that "Once upon a time there was and enchanting pull of love". This poem indicates to look for happiness and joy so as to reveal the aim of human existence living in this universe. Surely, man should be patient to netralize the life because of getting lost sometimes as what he says in these lines:.

"In love, do not forget someone in the triumph of love
Once upon a time there was an enchating pull of love,
Looking for a happy addrsss and joy
Some get their dream address,some get lost"

In my mind, this anthology is precisely named as " ESSENCE OF LOVE" because the author put valuable inspiration and aspiration to love the nature and human beings as well so as to provide an illustration that LOVE is really precious. So, he tends to say ' Keeps the love among so that Almighty will give mercy to all man on the earth". This utterance also can be found in the poem "The Age of Corona". In this poem,the writer specifically elaborates how dreadful human beings are suffering and victimized caused by Corona Virus. He seems to state his sad feeling as a poet towards infectious people like children so as to know how the author has a full attention among societies. Let's see these following lines of his poem:

" Corona! Corona!- Crying howl, unsettled, helpless
Seven hundred, Siblings, nieces, and nephews;
Everyone's weeping , crying - the whole human race in tears
Turbulence of Corona snatches man,
The glory of harmony, friendship and sacrifice
When a human child is infected , then comes groups of beats"

In the last lines of his poem, he shows his great tolerance as a prayer and tries to pray by the name of God so that man may be blessed to give health and get rid off from the scattering virus. He elaborates his attention to keep social distance, lock down and isolation to make people free from Corona Virus. Let's see these following lines as a proof of statement :

"Praying in his heart,Oh Creator! Give himhealth, take care of us
Lock down, social disance, isolation.Home quarantine"

What thing makes him worry about is hunger and shortage of food suffered by his people. He knows that it is impossible to survive them. He hopes the team of humanity to settle this problem. Let's see his statement in the following lines :

" A groupog hungry, on the rise of famine
It is impossible to survive them.
Sitting on the side of the road at dawn; waiting;
When will the team of humanity come with relief and food!

Shakil Kalam as the writer of this anthology seems to retell his own traveling towards his wandering to some places like Singapore ,Kuala Lumpur and island of Langkawi. His travelling indicates his love on the nature, which brings his feeling into a surprise. All what he had seen seemed to be much different in life like Marina Bay located in Singapore. This couldn't delight him and even he went to Sentosa Island also made his feeling not attractive. Let's see the following lines of his poem entitled "Life in Wandering"

" I am living in my life in tropical ways,all over Southeast Asia,
Even small narrow roads.
Flashing lights of Marina Bay , can't delight me,
So, a purple lantern could not enlighten my wandering life.
I have observed wings of fire; a flashing lighting movie
mixed with water, at Sentosa,in Singapore
It could not attract foreign me
I didn't find there any delighted life"

The writer of this anthology has no a heart of satisfaction to explore what he had seen. As a matter of fact, he directly set his foot on the land of Mahathir Mohammad. What he had seen there seems to make his feeling surprised because the situation in this country is hot. Though he had forgotten the sultry air in Dhaka. He confessed that this country has rows of vehickles and no traffic jams. Let's see the following lines how of his poem:

"Then I set foot in the land of Mahathir Mohammed,
Assoon as I set foot in Kuala Lumpur, I felt a heat; Tropical region'
I have forgotten the sultry air of Dhaka for some time;
There was and rows of vehickles but no horns, no traffic james"

In the end of this poem, the poets intends to say that people who are on the land and motherland as well should have become one in mind that the peace will be more important to keep so as to make poeple be more fresh and saved. Let's see the following lines of his poems :

"Mother , soil, people and motherland have become one in mind,
The heart twisted , the mind cried, two drops of salty water
fallen down from my chin
Muttering, thinking, theind pierces;
When the mother's chest will be filled with peace!"

II. LITERARY REVIEWS

This anthology is a really magnificent of writing by the poet because of its choice of words. It consists of 49 topics which shows a great written words suited with each theme of every topic. I my self a reader feel astonished to read. It is because the poet is smart to arrange sentences which do not break the rules of English structure.

As a matter of fact, this anthology can be used to those who are learning poetry in Universities whereas English is dominantly be used, spoken and written there as a foreign language. Besides, all the poems in this anthology entitled "ESSENCE OF LOVE" can be analyzed by using literary theory like : "Theory of Literature" by Rene Wellek & Austin Warrent, Dr A. Teew's Literary Theory and some other literary theories in English Literature.

This anthology is constructed in quite simple English language, which related to the exact use of words in many figures of speech in the techniques of writing poems. In short, there is no a single word or sentence found as wrong written in it.

In my analysis, I chose three topics of poems among as representative of all the poems so as to be a framework or data of research that may come up to say this antology of English poem by Shakil Kalam is really very good in its "ESSENCE OF LOVE".

III. REFERENCES

Alexander, L.G. 1977.Poetry and Prose Appreciation for Over Sea Studies.
London :Longman Group.
Aminur Rahman.2016. Perpetual Diary. Persatuan Sastrawan Malaysia.Kuala Lumpur.
Arthur , B. 1968. Reading Literature and Learning a Second Language. Language
Learning 18(3-4), 199-210.
Benton, M. & Fox, G.1987. What Happens When We Read Poems in Lee, V J.(ed)
English Literature In Schools,Milton Keynes: Open University Press
Booth, D.E,& Moore,B.1988.Poems Please.Markham,OntarioPembroke PublisherLtd.
Carter, R & M. Long. 1991 Teaching Literature.Longman

IV. READER AND ANALYST

Siamir marulafau was born in Nias, North Sumatra-Indonesia,17-05-1958. He was graduated from English and Literature Department, Faculty of Cultural Study, University of North Sumatra, Medan-Indonesia. He is now still teaching English and Literature, and writing poems and short stories. His works were mostly published in social medias such "HUMANITY"(2015); "LIGHTING”(2016),and some other works or poems in Indonesian language and English. He was a poet and conducted a scientific paper and research in Terengganu, Malaysia,2017, Pahang,2017, USM Penang, 2017, Singapore,2018, UPM,Malaysia,2018 and UNY,Yokyakarta, 2018.



POKOK PEMIKIRAN DAN ASUMSI JATUHNYA PESAWAT SJ 182.
Oleh :Siamir Marulafau


DATA :
Tribun Solo
13 Januari pada 10.02 ·


Kotak Hitam Ditemukan, Dugaan Mesin Pesawat Sriwijaya Air Masih Hidup sebelum Menyentuh Air

Kotak Hitam Ditemukan, Dugaan Mesin Pesawat Sriwijaya Air Masih Hidup sebelum Menyentuh Air

Teka-teki jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB mulai mengarah ke titik terang.

Berdasarkan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sistem pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak tersebut masih berfungsi sesaat sebelum terbentur ke permukaan air.

Merujuk data radar ADS-B dari Perum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia), sistem pesawat masih benar-benar berfungsi ketika masih mengudara.

Sistem pesawat terdeteksi masih berjalan setidaknya hingga berada di ketinggian 250 kaki dari permukaan laut.

"Terekamnya data sampai dengan 250 kaki mengindikasikan sistem pesawat masih berfungsi dan mampu mengirim data.

Dari data ini kami menduga mesin masih dalam kondisi hidup sebelum membentur air," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Selasa (12/1/2021).

Di samping itu, data radar ADS-B juga mencatat, pesawat mengudara dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 14.36 WIB.

Selepas berangkat, pesawat terdeteksi terbang menuju arah barat laut.

Ketika jarum jam memasuki pukul 14.40 WIB, Sriwijaya Air SJ 182 terdeteksi sudah mengudara di ketinggian 10.900 kaki.

Namun, setelah sempat terbang tinggi, pesawat justru berlahan mulai menurun.

Data radar ADS-B kali terakhir mencatat perjalanan pesawat tersebut ketika berada di ketinggian 250 kaki di atas permukaan laut.

Selain itu, data lain yang didapat KNKT dari KRI Rigel 933 mendapati adanya sebaran puing (wreckage) besar selebar 100 meter dengan panjang 300-400 meter.

Sebaran puing ini pun menguatkan dugaan jika pesawat tidak meledak sebelum jatuh ke permukaan air.

"Luas sebaran ini konsisten dengan dugaan pesawat tidak mengalami ledakan sebelum membentur air," kata dia.

Saat mengalami kecelakaan, Sriwijaya Air SJ 182 mengangkut 62 orang yang terdiri dari enam kru aktif, 46 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi.

Ketika pesawat kali pertama dilaporkan hilang kontak, sejumlah petugas gabungan, baik dari Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI, hingga Polri langsung bahu-membahu menggelar proses evakuasi di Kepulauan Seribu.

Kerusakan fan blade Proses evakuasi oleh tim SAR gabungan telah memasuki hari keempat hingga Selasa (12/1/2021).

Selama evakuasi tersebut, Basarnas telah mengumpulkan berbagai puing yang mempunyai arti penting dalam rangka menganalisis penyebab kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182.

Dari proses evakuasi tersebut, salah satu temuan puing yang bernilai penting yakni ditemukannya bagian mesin turbine disc dengan fan blade yang mengalami kerusakan. Lihat Lebih Sedikit

POKOK PEMIKIRAN

Berdasarkan data di atas, timbulah suatu asumsi pada saya sebagai seorang Penyair/Sastrawan dan dosen Fib USU ,Medan yang turut berdukacita atas meninggalnya semua penumpang pesawat Sj 182 pada tgl 09-01-2021. Saya berasumsi jatuhnya pesawat itu tidak meledak di udara sebelum terbentur di permukaan air laut. Pesawat kemungkinan tak bisa dikendalikan oleh pilot karena cuaca kurang bersahabat sehingga ada sesuatu yang rusak dalam bahagian pengendalian pesawat sehingga pesawat itu turun sampai 250 kaki dan pesawat meluncur ke bawah dengan kecepatan yang sangat tinggi di permukaan laut dan menerobos air laut sehingga moncong pesawat bahagian depan menabrak dasar laut yang tak dalam ( Sekitar 23 meter). Mengapa sampai pesawat menabrak dasar laut? Karena kekuatan jatuhnya pesawat masuk ke dalam air laut tidak seimbang dengan kecepatan pesawat ( Dengan pengertian kedalaman air laut tidak seimbang dengan jatuhnya pesawat yang sedang meluncur ke bawah ,hanya sedalam 23 meter). Jika kedalaman air laut berkisar 50 meter dalamnya, kemungkinan pesawat tidak tabrak dengan batu karang di dasar laut) yang mengakibatkan pesawat meledak di dalam air laut. Dan sebagai buktinya nelayan hanya mendengar dentuman dua kali dalam laut sehingga air laut naik ke atas.

Saran -Saran :

1. Sebaiknya pesawat yang sudah terbang berkisar 5 tahun ke atas
harus dicek dan diservis kembali. Layak atau tidak pesawat itu di-
terbangkan.

2. Pesawat yang sudah tua dan tahun terbangnya sudah melebihi

20 tahun ke atas seharusnya dipertimbangkan, apakah
layak atau tidak ?

3. Pilot dan Coopilot harus di upgrade dan ditingkatkan
pengetahuan mereka dalam penguasaan teknologi dalam hal

menerbangkan pesawat.

Demikianlah tanggapan dan asumsi dari saya mengenai jatuhnya pesawat Sriwijaya 182 di Kepulauan Seribu, dan apabila ada pengungkapan yang kurang tepat, saya mohon dimaafkan. Moga semua penumpang yang telah meninggalkan kita semua agar mereka husunul khotimah. Aamiin. Dan pada keluarga yang ditinggalkan agar tabah menghadapi semua ini karena ini adalah kadar dan ketentuan dari Allah Swt.

Wassalam,

dtt
Associate Prof.Drs.Siamir Marulafau,M.Hum
NIP. 19580517 1985031003



APAKAH PENYAIR ATAU SASTRAWAN ITU MASUK SURGA ATAU NERAKA ?

Tausiah singkat disampaikan oleh : Ustad. Siamir Marulafau
Dosen Fib USU,Medan
Penyairdcm2@gmail.com 

Assalamuallaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Sdr/Sdri Kaum Muslimin dan muslimah rahimah kumullah, ada seorang hamba Allah bertanya kepada saya. Pertanyaannya begini, “ Ustad, apakah Penyair atau sastrawan itu masuk surga atau neraka?”

Lantas, saya jawab : Pertanyaan Saudari sangat bagus. Baiklah, sebenarnya ada beberapa pendapat penafsir firman Allah dalam surah Asy-Syu’ara,ayat : 224: وَٱلشُّعَرَآءُ يَتَّبِعُهُمُ ٱلْغَاوُۥن (Artinya : penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat)

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) 224-227. Allah menyampaikan bahwa para penyair terbagi menjadi dua golongan dari sisi kebaikan dan kefasikan mereka; adapun para penyair yang fasik adalah yang diikuti orang-orang yang sesat dari kebenaran. Tidakkah kamu melihat di setiap perkataan mereka berisi pujian yang buruk, perkataan yang menghina, dan gurauan yang beracun. Mereka berjalan seperti orang yang bingung, dan berpaling dari jalan yang benar. Kebanyakan perkataan meraka adalah dusta, karena mereka mengakui sesuatu yang tidak mereka lakukan. Kemudian Allah mengecualikan golongan penyair yang baik: Kecuali mereka yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, melakukan amalan-amalan shalih yang telah Allah syariatkan, banyak menyebutkan nama Allah dan pujian pada-Nya pada syair-syair mereka, dan mereka membela Rasulullah dan memperjuangkan agama Islam dan umat Islam dalam membela orang yang terzalimi dari mereka. Dan orang-orang yang zalim akan mengetahui di mana tempat mereka akan kembali.

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah 224. وَالشُّعَرَآءُ يَتَّبِعُهُمُ الْغَاوُۥنَ (Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat) Yakni orang-orang yang sesat itu mengikuti jalan para penyair, mereka adalah orang-orang sesat dari kalangan jin dan manusia.

TINJAUAN DAN PEMBAHASAN

Merujuk pada kedua pendapat di atas, saya kemukakan bahwa masuknya hamba Allah sebagai penyair atau sastrawan itu adalah HAK ALLAH . Cuma dalam hal ini, Allah lebih tahu apa yang dikerjakan oleh hamba-Nya di bumi. Masuknya penyair atau sastrawan dalam surga atau neraka tergantung pada apa yang dibuat mereka . Tergantung pada konteks karya sastra mereka. Jika karya sastra mereka merujuk pada tema kebajikan dan mengandung unsur pujian kepada Allah yang didasari dengan isi kandungan al-qur’an maka mereka sebagai penyair sufistik akan masuk surga Allah. Mengapa harus demikian? Karena Allah sangat senang pada ucapan dan tulisan yang indah serta pujian kepada Allah Swt dengan ulasan diksi dan kalimat yang indah. AL-Qur’an juga adalah kitab ALLAH sebagai petunjuk untuk meluruskan kehidupan manusia di bumi dan sangat puitis. Apalagi jika ayat-ayat Al-Qur’an dilagukan oleh Qori/Qoriah dengan “Lagu Bayati, Lagu Nahwan ,Lagu Saba, Lagu Zhaharka, Lagu Ras dan Lagu Syika, dll seolah-olah bulu kuduk kita naik ke langit ke 7 dan hati kita sangat dekat dengan Allah sebagai Pencipta. Jika membaca satu huruf Al-Qur’an, maka akan mendapat 10 kebaikan. Lantas, bagai mana dengan membaca satu kata puisi atau kalimat yang berbau pujian kepada Allah, nilainya mungkin sama dan hanya Allahlah yang dapat menilainya. Maka perlu kita bandingkan supaya apa yang kita buat selama ini akan diketahui umat.

Kemudian , bisa dikatakan bahwa sebahagian penyair itu kemungkinan bisa masuk neraka apabila konteks karya sastranya itu merujuk pada kejelekan . Dengan pengertian bahwa karya puisi itu berbau SARA, mengandung unsur penghinaan, pelecehan , pendustaan, dan lain sebagainya yang mengandung hal-hal yang tidak baik disisi Allah Swt. Tentu hal ini akan mendapat ganjaran dari Allah Swt, yaitu NERAKA.

Lantas, Hamba Allah itu berkata kepada saya,”Wou, betul sekali Ustad. Saya juga seorang penyair bahkan dosen sastra di Fakultas Sastra. Jika begitu, saya terus berkarya dan menulis puisi yang berbau pujian kepada Allah, dan membaca puisi ke mana-mana dengan hati yang ikhlas ridho karena Allah. “

Kemudian , saya berkata kepadanya ,” Iya ,teruslah menulis dan berkarya dan bersastralah anda sepanjang hidup anda walaupun sastra itu adalah hiasan dunia .” Tetapi ingat! Janganlah anda lalai dengan perintah Allah dalam Al-Qur’an supaya anda masuk ke surga Allah dan terhindar dari neraka Allah.

Demikianlah tausiah singkat ini dibentangkan kepada kita semua. Moga Allah paring barokah. Aamiin.

Wassalam,
dtt
Associate Prof. Drs.Siamir Marulafau,M.Hum
Nip. 19580517 1985031003
Referensi: https://tafsirweb.com/6634-quran-surat-asy-syuara-ayat...



PERAN BAHASA TERHADAP SASTRAWAN SEBAGAI KHAZANAH BUDAYA BANGSA
Siamir Marulafau
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara
penyairdcm2@gmail.com

I. PENDAHULUAN
Bahasa adalah merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Selain dapat mendeskripsikan sesuatu dengan jelas baik dalam bahasa lisan maupun tulisan,bahasa itu memiliki peran terhadap seseorang apalagi terhadap sastrawan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu apa yang dibicarakan maupun apa yang ditulis.

Bahasa dapat dikatakan sebagai simbol memiliki makna, dan memberikan pengertian yang jelas kepada seseorang untuk menanggapi apa yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, bahasa sebagai alat komunikasi memerlukan ekspresi yang dapat dimengerti oleh orang lain. Dalam kajian ini,kemungkinan akan timbul pertanyaan kepada kita bahwa mungkinkah seseorang apakah dia sebagai sastrawan atau penyair memerlukan bahasa ?Apa peran bahasa terhadap mereka yang selalu terjun dalam penulisan karya sastra? Apa pun bahasa yang digunakan tetap berperan terhadap pengguna bahasa dan apalagi sastrawan.Tidak akan mungkin seorang sastrawan dapat mengulas sesuatu yang ada dalam pikiran dan perasaannya tanpa menggunakan bahasa. Tidak hanya dalam komunikasi dan proses interaksi sosial sehari-hari, ternyata bahasa memiliki peranan penting dalam komunikasi sastra. Hal ini dapat dilihat dari berbagai hasil karya sastra yang ditulis oleh sastrawan- sastrawan di negeri tercinta ini, seperti penulisan karya sastra puisi, cerpen, atau bahkan novel.

II.PEMBAHASAN
Merujuk pada peran bahasa terhadap sastrawan adalah salah satu hal yang paling penting dibicarakan. Karena jika bahasa dinilai tak ada fungsi sebagai alat untuk penulisan karya sastra berarti bahasa yang digunakan untuk penulisan karya sastra itu tak bermakna, dan alat apa yang harus digunakan oleh para sastrawan untuk menulis karya sastra mereka? Maka dalam pembahasan ini, peran bahasa itu sangat penting dibicarakan. Kemampuan seseorang dalam penulisan karya sastra dapat dilihat dari bahasanya. Dengan adanya bahasa digunakan oleh mereka, dapat dilihat bagaimana mereka mengolah kata dan mendeskripsikan pikiran mereka dalam penggunaan bahasa pada karya sastra itu.Kita sebagai pembaca juga akan dapat menikmati karya sastra yang ditulis dan diciptakan oleh mereka sebagai khazanah budaya bangsa. Sebagai contoh salah seorang sastrawan di negara kita ini adalah Sanusi Pane telah menulis beberapa karya sastra dalam bahasa Indonesia dan salah satu diantaranya adalah ,seperti puisi bertajuk “Sajak”,sebagai berikut:

“O, bukanlah dalam kata yang rancak
Kata yang pelik kebagusan sajak
O, pujangga buanglah segala kata
Yang kan mempermainkan mata
Dan hanya dibaca sepintas lalu
Karena tak keluar dari sukma
Seperti matahari mencintai bumi
Memberi sinar selama-lamanya
Tidak meminta sesuatu kembali
Harus cintamu senantiasa”


Puisi yang bertajuk “Sajak”di atas adalah puisi karya Sanusi Pane yang unik dan memiliki gaya baru dalam penulisan puisi Indonesia. Memang setiap penyair memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Perlu ditandai bahwa sastrawan itu menggunakan bahasa seni sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Pengunaan kata-kata atau diksi yang sesuai dan tepat dengan tema puisi adalah merujuk pada pokok pemikiran sang pengarang. Maka bahasa puitis yang dugunakan oleh sastrawan seperti Sanusi Pane dalam menciptakan karya sastra dinilai lebih efektif dalam memberikan ekspresi terhadap pembacanya.

Yang paling penting diingatkan kepada kita bahwa peran bahasa itu terhadap sastrawan sangat memberikan dampak positif terhadap mereka dalam menulis setiap karya sastra, apakah itu puisi, cerpen atau novel. Peran bahasa dalam menciptakan karya sastra seperti : 1. Menyampaikan pesan, 2. Menggambarkan sesuatu dengan detail, 3. Mengekspresikan perasaan, 4. Mengekspresikan ide, 5. Menjadi identitas, 6. Pemuasan rasa estetis, 7. Memberikan nilai artistik, 8. Memberikan ilmu (Denia Dey,April,2018). Tapi namun demikian , kita sebagai pembaca harus tahu bahwa dalam penulisan setiap karya sastra oleh sastrawan harus ada istilah kegunaan dan fungsi (“ utile dan dulce” ) karya sastra itu disamping adanya peran bahasa. Halini sangat mendukung dalam penulisan karya sastra itu. Mengapa harus demikian? Karena Karya sastra itu bukan hanya saja dipandang dari sudut peran bahasa tetapi kegunaan dan fungsi karya sastra itu bagi masyarakat. Hal ini harusdiingat bahwa ada dua fungsi karya sastra yaitu fungsi dulce dan utile. Dulce artinya menghibur. Sedangkan utile adalah mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca (El-Shirazy, 2008: 271).

Dalam hal menyampaikan pesan, karya sastra itu lazim jika pengarang mempublikasikan karya sastra itu untuk dapat dinikmati oleh pembacanya. Jika karya sastra itu tidak dipublikasikan, bagaimana pembaca dapat mendapatkan pesan? Itu kan tidak mungkin karya sastra dibiarkan begitu saja sepertinya karya tersebut layaknya tong tanpa isi akan nyaring bunyinya. Makanya setiap pengarang harus mampu menggunakan bahasa bila menulis karya sastra supaya apa yang disampaikan dalam karya sastra itu mengandung unsur pesan dan kesan bagi pembacanya.

Pada hakekatnya,karya sastra itu bukan hanya menggunakan bahasa dalam bentuk komunikasi lisan, akan tetapi bisa juga dalam berupa tulisan. Komunikasi tulisan sering dijumpai dalam berbagai media sosial yang penerapannya sering diterapkan dalam teori komunikasi dalam media pembelajaran. Hal ini sangat mendukung dalam proses belajar mengajar, terutama sekali misalnya dalam menciptakan karya seni puisi. Peran bahasa dalam penulisan karya puisi ini sangat terasa bagi setiap pengarang karya sastra.

Penciptaan sebuah karya puisi atau cerpen tidaklah sembarang meskipun tidak terlalu mendeskripsikan lingkungan sekitar dan mendetail seperti novel. Penulisan sebuah novel harus lebih mendetail untuk menggambarkan sesuatu hal yang diceritakan supaya pembaca dapat memahami apa yang dilihat, dirasakan atau didengar oleh sang tokoh dalam novel tersebut. Coba kita bayangkan,seorang pengarang novel menggunakan bahasa dengan banyak perbendaharaan kata dengan menggunakan gaya bahasa yang indah disertai dengan kata atau diksi yang terpilih. Hal ini memang suatu yang luar biasa agar pembaca tak merasa bosan membaca novel tersebut dan apalagi jika karya yang ditulis itu dalam bentuk puisi. Ini menyangkut pada fungsi diksi baik dalam komunikasi lisan maupun tulisan. Maka sebagai sastrawan harus mendalami penggunaan bahasa Indonesia baik tulisan maupun lisan ”Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam penulisan karya sastra. Hal ini terletak pada beberapa hal. Yaitu pada aturan penulisan (dengan menggunakan EYD), gaya bahasa (sebagai sistem) dan tentunya unsur pembentuk. Meski sastra lebih menekankan pada estetika, namun karya sastra yang terikat bentuk tertulis tidak dapat dipisahkan dengan aturan penulisan. Setiap kata dan kalimat tetap harus terikat pada bentuk yang baku. Pun juga karya sastra terikat dengan tata bahasa ; fonologi, morfologi dan sintaksis (Ratna, 2009: 65)”

Penulisan karya sastra bukan hanya saja menyangkut pada penggambaran sesuatu yang detail,akan tetapi pengarang setidaknya mampu mengungkapkan dan memiliki perasaan dalam menulis karya sastra itu. Mengapa tidak? Misalnya dalam puisi, penulis menggunakan kata-kata yang puitis yang tidak sama dengan kata-kata pada bahasa sehari-hari.Inilah yang membuat puisi itu terasa indah. Penulis harus mampu mengekspresikan apa yang akan ada dalam benaknya. Kata-kata tersebut akan selalu sulit dimengerti oleh pembacanya, yang kadang hanya menerka – nerka. Makna puisi tidak selalu pas apa yang dikatakan oleh pembaca karya sang pengarang itu. Karena makna yang tersirat di balik tersurat itu hanya diketahui oleh pengarangnya. Apabila tidak tahu makna karya sastra itu, pembaca hendaknya kembali bertanya pada penulis. Apa makna karya sastra yang ditulisnya itu?

Pemaparan ide dalam sebuah karya sastra adalah salah satu unsur yang penting dalam menggunakan bahasa untuk menciptakan sebuah karya sastra oleh sastrawan. Hal ini kita dapat mengetahui bagaimana pola pikir sang pencipta melalui bahasanya dalam karya sastra itu. Selain itu, dapat juga difahami dengan jelas tentang apa yang digambarkan oleh penulis novel dalam karyanya yang menyangkut tentang karakter sang tokoh dalam novel tersebut.Tentu saja seorang penulis novel berusaha menyelesaikan konflik yang timbul diantara para pelaku dalam novel yang ditulisnya sebagai petanda bahwa dialah mampu menyelesaikan sesuatu masalah diantara tokoh yang dipilihnya. Ini tergantung pada seorang novelis apakah dia bijak atau tidak dalam menanggapi sesuatu hal yang merujuk pada pengalaman , penuangan ide serta pengetahuan kepada pembaca.Maka seorang novelis memiliki pengetahuan yang amat luas terhadap penguasaan bahasa dalam penulisan karya sastra.

Selain pemaparan ide dalam penulisan karya sastra, pengarang juga harus mampu menyampaikan maksudnya sebagai identitas dirinya. Dalam hal ini, pencipta karya sastra terkadang menggunakan caranya sendiri sesuai dengan kemampuan dan seleranya. Kadang terlihat bahasanya kaku, ada juga bahasa yang sifatnya santai. Untuk ini, perlu diketahui bahwa pencipta karya sastra itu memiliki pengetahuan yang berbeda dalam penggunaan bahasa. Ini juga tergatung kepada pengetahuan seseorang pencipta karya sastra dalam menggunakan bahasa dalam karyanya.

Dalam hal ini sering disarankan untuk membaca karya sastra dan sekalian menikmati hasil karya sastra itu guna untuk mengetahui identitas pencipta karya sastra itu. Mengetahui maksud dan tujuan karya sastra seorang pengarang bukanlah hal yang gampang jika kita tak mengetahui siapa sebenarnya pengarang karya sastra itu. Banyak pembaca asal menebak –nebak karya sastra seseorang karena kemungkinan adanya kedangkalan ilmu dalam menganalisis sebuah karya sastra. Makanya seorang pembaca harus mengenal gaya kepenulisan penuliskarya sastra tersebut. Inilah salah satu peranan bahasa dalam komunikasi sastra,yaitu jati diri sang pencipta sastra. Maka kita disarankan untuk terjun ke dunia sastra dan menulis karya sastra sebanyak-banyaknya supaya masyarakat mengetahui jati diri kita sebagai pengarang. Dalam hal ini, mereka akan lebih mengenal kita sebagai pengarang , dan terutama gaya penulisan kita walapun kita sebagai penulis terkenal. Karena setiap pengarang memiliki keunikan sendiri dan keunikan itu yang perlu dikembangkan.Mengapa setiap orang memiliki keunikan dalam menulis karya sastra? Karena setiap orang itu memiliki bakat dan latar belakang pengetahuan sastra serta bahasa yang berbeda.

Dalam penulisan karya sastra juga dijumpai pemuasan rasa estetis. Dengan pengertian bahwa jika kita menguasai bahasa dan mampu menulis karya sastra dengan bahasa yang digunakan, semakin tinggi nilai karya sastra yang kita tulis. Karena kemampuan kebahasaan seseorang dalam penulisan karya sastra semakin baik mengolah kata dan kalimat yang indah untuk menciptakan nilai artistik dalam sebuah karya sastra. Sehingga ,seseorang dapat memuaskan rasa estetis melalui hasil karya sastra yang diciptakannya. Nilai keindahan sangat penting dalam sebuah karya sastra. Keindahan penggunaan bahasa dalam pencitaan karya sastra akan membuat orang tertarik membaca karya sastra tersebut. Karya sastra, merupakan bentuk ide yang dibuat secara tertulis. Dari hal itu, penulisannya terikat oleh ejaan. Tapi bukan hanya saja dalam bentuk ide tapi, “ejaan baku yang dipakai adalah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Maka dalam menulis sebuah karya sastra berbahasa Indonesia, harus bersandar pada EYD yang baku. Disini, bahasa Indonesia berperan untuk penulisan karya sastra. Setidaknya hal umum yang perlu diperhatikan adalah pemakaian ejaan, kata, frasa, klausa, kalimat dan paragraf mengingat konteksnya karya sastra sebagai bahasa secara tertulis (Rahardi, 2009: 18)”

Karya sastra seseorang bukan hanya saja dtemukan rasa estetis tetapi karya sastra itu juga memberikan nilai aritstik. Nilai ini akan memberikan peran untuk menentukan seberapa baik karya sastra tersebut diciptakan. Jika karya sastra memiliki nilai artistik maka banyak pembaca memberikan respon pada karya sastra tersebut. Respon itu akan memberikan gambaran pada penulis atas kemampuannya sebagai pencipta karya seni. Hal ini akan menunjukkan minat dan ikatan para pembaca karya itu sebagai karya yang dianggap terbaik di antara karya-karya yang diciptakan oleh penulis lain.

Salah satu hal yang paling dalam penciptaan karya sastra oleh sastrawan adalah fungsi atau kegunaan karya sastra itu sendiri. Ini manyangkut pada pemberian ilmu merujuk pada pengaruh bahasa dalam bidang pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa sastra menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Di berbagai sekolah di negara ini, kita akan menemukan kurikulum mata pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa-siswi diajak untuk banyak membaca melalui tugas-tugas berupa konteks sastra untuk menambah wawasan mereka mengetahui tentang sastra. Mereka paling tidak diajak untuk membaca puisi sebagai pelatihan dalam mendalami sastra.

Merujuk pada tanggapan bahwa sastra itu akan memberikan ilmu, tentu saja perkembangannya akan menggunakan bahasa sebagai alat. Tidak akan mungkin sastra itu tercipta tanpa bahasa. Rene Wellek dan Austin Warrent dalam Theory of Literature, mengatakan bahwa sastra itu adalah hasil ciptaan dan olahan pikiran manusia menggunakan bahasa sebagai alat (Literature is a creation of human mind using language as its medium). Dengan mempelajari sastra berarti akan menambah pengetahuan bahasa kepada siswa. Terutama sekali penambahan keahlian membaca dan menulis yang harus dibina dan dikembangkan. Dan begitu pula dengan sastrawan seperti Sanusi Pane tentu saja menggunakan bahasa sebagai alat untuk menciptakan karya sastranya dan menjadikan karya sastra itu sebagai khazanah budaya bangsa. Kemungkninan timbul saja pertanyaan kepada kita, bahasa apa yang digunakan oleh Sanusi Pane dalam menulis karya-karya-nya?

Sanusi Pane sebagai warga negara Indonesia, tentu saja dia menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat satu-satunya untuk dikembangkan melalui penulisan karya sastra seperti apa yang tertera dalam puisi di bawah ini.

PAGI

Pagi telah tiba, sinar matari
Memancar dari belakang gunung,
Menerangi bumi, yang tadi dirundung
Malam, yang sekarang sudahlah lari.
Alam bersuka ria, gelak tersenyum,
Berseri-seri, dipeluk si raja siang.
Duka nestapa sudah diganti riang,
Sebab Sinar Bahagia datang mencium.
Mari, O Jiwa, yang meratap selalu
Dalam rumahmu, turutlah daku.
Apa guna menangisi waktu yang silam?
Mari, bersuka ria, bercengkerema
Dengan alam, dengan sinar bersama-sama,
Di bawah langit yang seperti nilam.


KESADARAN


Pada kepalaku sudah direka,
Mahkota bunga kekal belaka,
Aku sudah jadi merdeka,
Sudah mendapat bahagia baka.
Aku melayang kelangit bintang,
Dengan mata yang bercaya-caya,
Punah sudah apa melintang,
Apa yang dulu mengikat saya.
Mari kekasih, jangan ragu
Mencari jalan; aku mendahului,
Adinda kini
Mari, kekasih, turut daku
Terbang kesana, dengan melalui,
Hati sendiri

III. KESIMPULAN

Setelah menguraikan dan membahas tentang topik di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bahasa itu sangat berperan terhadap sastrawan karena bahasa itu adalah alat yang digunakan dalam menulis karya sastra itu sendiri. Adapun peran dan kegunaan bahasa itu adalah termasuk dalam pemberian pesan dan keilmuan sastra kepada pembaca untuk menambah wawasan dalam penulisan dan pengembangan sastra sebagai khazanah budaya bangsa.

Dengan adanya peran bahasa sebagai landasan dalam penulisan karya sastra, para sastrawan perlu meningkatkan pengetahuan kebahasaan untuk memberikan nilai yang lebih tinggi terhadap penciptaan karya sastra yang ditulis. Karena semakin tinggi bahasa seorang sastrawan semakin lebih baik kualitas karya sastra yang ditulis.

IV. DAFTAR PUSTAKA
Arthur , B. 1968. Reading Literature and Learning a Second Language. Language Learning 18(3-4), 199-210.
Benton, M. & Fox, G.1987. What Happens When We Read Poems in Lee, V J.(ed)
English Literature In Schools,Milton Keynes : Open University Press
Booth, D.E,& Moore,B.1988.Poems Please.Markham,OntarioPembroke PublisherLt
El-Shirazy, Habiburrahman. 2008. “Tentang Menulis Karya Sastra: Yang Dicintai Pembaca, Yang Menggugah Minat Baca”. Dalam Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif Ed: Anwar Efendi. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
Damono, Sapardi Djoko.1979. Novel Sastra Indonesia SebeleumPerang. Jakarta : Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa.
Purba, Antilan. 2010. Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wellek, Rene dan Austin Warren.1993. Teori Kesusasteraan. Jakarta : Gramedia.
http://pakarkomunikasi.com/peran-bahasa-dalam-komunikasi sastra.
http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/2723.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar