UNTUK MENCARI PUISI-PUISIMU CUKUP KETIK NAMAMU DI KOLOM "SEARCH" LALU "ENTER" MAKA SELURUH PUISIMU AKAN TAMPIL DI SINI

Rabu, 02 September 2020

Kumpulan Puisi NengIcha - PANTASKAH



PANTASKAH
By. NengIcha


Saat malam, aku menjadi Rembulan yang menghiasi langit-langit hatimu
Saat siang, aku menjadi Mentari yang menghangatkan jiwamu

Namun pantaskah aku berjubah seindah itu?
Pantaskah aku berdandan sesempurna itu?
Dan pantaskah jika aku mengganggap diriku istimewa di matamu?
Kendati engkau pernah mengikrarkannya untukku.

Mungkin rasa ini berlebihan
Mungkin rasa ini buta akan kenyataan
Atau mungkin rasa ini adalah kebodohan
Jua mungkin rasa ini suatu ketidak benaran

Namun rindu ini benar-benar menyiksa
Bayang wajahmu berkuasa tanpa alpa
Entah ada apa dengan hati dan isi kepala
Mengapa aku tak mampu bangun dari rasa yang maya

MK. 27082020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



PERLAHAN ENGKAU TINGGALKAN (2)
By. NengIcha


Dan,
Mungkin ini semua adalah maumu
Beranjak pergi tanpa aku tahu
Menghapus warna jingga di bait senja
Yang pernah engkau lukis dengan tinta cinta

Namun,
Saat pergi engkau melupakan sesuatu
Engkau pernah mengalirkan darah jantungmu ke dalam nadiku
Dan saat itu pula aku menetapkan dirimu sebagai hidupku
Menetapkan dirimu sebagai denyutan jantungku

Dan,
Aku hanya mampu termangu
Menitip segala peluh atas rindu pada awan kelabu
Mengharap hujan lebat 'tuk menghapus air mata
Dan membawakan setetes ceria dari lengkung pelangi jingga

MK. 25082020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



PERLAHAN ENGKAU TINGGALKAN (1)
By. NengIcha


*
Dalam pembaringan waktu
Betapa pengap jiwa dalam selimut sendu
Hingga tertidur jiwaku dalam dekapmu yang semu
Lelap, tanpa wicara jua tanpa rintih sedu

Engkau beranjak perlahan
Saat lelapku dalam pembaringan
Tertinggal diriku sendiri dalam pelukan sunyi
Yang cuma sendiri, dan hanya sendiri

Pergimu yang tanpa kekata
Hanya tinggalkan bekas luka-luka
Dan tetesan air mata yang telah sia-sia
Jua sekeping hati yang hancur secara berkala

MK, 26122019
#krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



SEPAGI TADI
By. NengIcha


Sepagi tadi,
Embun pagi memelukku kembali
Menenggelamkan aku dalam kabut beku
Hingga melemah seluruh persendian di tubuhku

Sepagi tadi,
Embun beku jua menikamku kembali
Dengan belati paling berbisa
Hingga jatuh terkapar jiwa pun rasa

Sepagi tadi,
Sang Embun jua mengoyak serpihan hati
Dan membawa kepingan hati terbang tinggi
Kini jiwa terkapar pun bercucur rindu tak mampu terhenti

MK. 24082020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



REMBULAN DI WAJAHMU (2)
By. NengIcha


Betapa tak sabar hati ini menunggu malam
Betapa terlantar rasa ini dirajam rindu nian mendalam
Engkau sekerling Bintang, namun begitu purnama
Dan engkau sekelebat bayang, namun engkau penyempurna

Semburat cahaya purnama terbit di wajahmu
Memancar kesejukan paling teduh di ruang kalbu
Kendati hanya sekerling pesona yang aku hela
Namun mampu melumpuhkan jiwa pun jua logika

Engkau Bintang kecilku yang purnama
Penyempurna rindu yang nian gelora
Terbait dirimu di atas lembaran puisiku
Karena engkaulah pelengkap kepingan jiwaku

MK. 22082020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



AKULAH AIR
By. NengIcha


Aku serupa air,
Berjalan di mana Tuhan menentukan dalam lajur takdir
Mengikuti alur meski deras terhempas dalam bengawan mengalir
Ringkih tak berdaya saat hujan menjatuhkan atas nama takdir
Dan hanya pasrah sumarah menerima apa yang tergaris oleh Sang Penggurat Takdir
Akulah air...

MK, 21082020



ASING YANG TERSINGSING
By. NengIcha


Buliran madu dalam tempayan telah mengering
Sekering embun tersapu angin di terik masa
Rekah mentari yang terdamba tak lagi menyungging
Kering gersang lir seroja kelangkaan tirta

Aku segores bait yang tak pernah purna
Tertimbun dalam tambunan puing-puing pustaka
Terlupa, terasing lir lentera tak lagi bercahaya
Kelam, namun harus bertahan demi sebait cerita dari-Nya

Aku sekuntum yang tak lagi harum
Terkulai layu tiada lagi rekah pun senyum
Aku bayang asing yang telah tersingsing
Terhapus laras, tanpa kirana rela menyanding

MK, 08072020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



RINDUKU
By. NengIcha


Bayu
Tahukah dirimu
Sedang apa kasihku
Katakan padanya aku merindu

Kabarkan padaku perihal dirinya
Lama tanpa warta
Aku merana
Nelangsa

*
Rindu
Bagai sembilu
Mencabik dinding kalbu
Terkapar jiwa seraya tersedu

Tangis
Begitu mengiris
Menyayat tanpa finis
Ratapi rindu begitu egois

MK, 12072020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



SI BUSUK YANG BURUK RUPA
By. NengIcha


Mungkin aku tak seputih kapas
Mungkin aku tak sesuci embun pagi
Tapi mungkin aku tak seliar ular ganas
Yang andal dalam merubah warna bumi

Aku adalah angin
Yang ikhlas menerima takdir
Kendati kuterima dengan tangan dingin
Aku tetap memulas madu di ujung bibir

Mungkin aku tak sebaik yang engkau kira
Karena aku hanya si busuk yang buruk rupa
Misal engkau meminangku menjadi kawan setia
Betapa taman bunga berada di ruang jiwa

Jangan pikir aku seorang pencuri
Karena betapa aku telah menjaga diri
Saat engkau mencaci aku meski dalam mimpi
Aku akan tahu, dan betapa perihnya kepingan hati

Denganku,
Jangan engkau memalingkan muka
Pun jangan nobatkan aku menjadi bidadari surga
Karena aku hanya si busuk yang buruk rupa
Yang hidup hanya 'tuk mengais ridho dari-NYA

MK, 15072020
#Non_Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung
Note,
Ridho : Rida



SELAMAT MALAM
By. NengIcha


Lewat keheningan malam nan bisu
Kulantun untukmu bait-bait merdu
Untuk menina bobokan rasamu
Untuk melenakan lelap tidurmu

Lewat kelembutan angin malam
Aku menitip kecup hangat di keningmu
Untuk memeluk ragamu di pembaringan tilam
Dan membelai rasamu dengan mimpi paling syahdu

Sebinar mata yang 'kan terbenam
Terlelap dalam buai pekat malam
Semoga esok pagi mentari sambutmu kembali
Menerangi langkahmu yang 'kan meniti hari

***
MK. 05092020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



SESALKU
By. NengIcha


Serpihan asa kini telah sirna
Karam bersama sesal nan tiada guna
Kenangmu yang dahulu suguhkan cinta
Kini kunikmati dalam segala gulana

Engkau sakura dengan seribu pesona
Wangimu semerbak hanyutkan setiap rasa
Namun diriku hanya sang kumbang jelata
Yang tiada miliki apa jua pun jua

Kini kularungkan rasa dalam telaga sepi
Bersama rinduku nan tiada bertepi
Kabut sesal selimuti hati sanubari
Yang 'kan tersimpan abadi dalam rak hati

MK, 11092019
#krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



MENYEKAT RINDU
By. NengIcha


Akan aku ikat
Atau kugenggam erat
Sesuatu yang telah tersemat
Di dinding hati pun tanpa maklumat

Kecup kening malam kutitip pada angin
Bersama sekeping hati yang kini telah dingin
Sebongkah rindu yang tak mampu aku lebur
Dan kini tak akan lagi terabai rindu terhambur

Selamat malam pada Bulan pun Bintang
Tak akan mampu lagi untuk aku menimang
'Ku pejam mata berharap mampu melena
Dan menggenggam bayangmu saat aku terjaga

MK. 20092020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



DIA
By. NengIcha


Dia
Begitu polos nan lugu
Memiliki cinta pertama yang ditunggu
Yang dia damba 'kan abadi hingga akhir waktu

Betapa bahagia dirinya
Bak memeluk jagat alam semesta
Seluruh dunia menjadi miliknya

Betapa bahagia dirinya
Telah miliki dirimu dalam hidupnya
Binar mata penuh bahagia hiasi hari-harinya
Terasa ingin katakan pada dunia,
Bahwa engkau adalah miliknya

**
Wahai kekasih,
Bahagiakanlah dirinya
Lumuri harinya dengan cinta
Jadikan dirimu kasih abadi bagi dirinya
Tempat dia mengukir kisah cerita seribu cinta
Jadikan dirimu teman setianya
Hingga akhir senja

Mjkt, 20092019
#krompyang
#pemulung_aksara_11
#Catatan_lama



SELAMAT PAGI
By. NengIcha


Selamat pagi
Untukmu wahai serpihan hati
Berpijarlah engkau seperti mentari
Yang memiliki peluk terhangat mendekap bumi

Aku ingin mendahului mentari
Mengecup keningmu ucapkan selamat pagi
Karena binar senyummu terlalu berarti
Untuk melukis cerah di pagiku mengawali hari

MK. 12092020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



HANYA MENULIS (2)
By. NengIcha


Menulis dan menulis
Cuma itu yang mampu aku rilis
Secarik kertas dan sebatang pena
Adalah sepasang sahabat paling setia

Aku membait setiap rasa
Sendu, pilu, ceria bahkan tawa
Adalah modal utama untuk aku mengaksara
Meski rasa itu bukan aku yang memerankannya

Aku penikmat sunyi
Karena sunyi membantuku membait mimpi
Namun aku juga punya mimpi
Yakni membait rapi hidupku sebelum bersua dengan Sang Rabbi

MK, 29082020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung



HANYA MENULIS (1)
By. NengIcha


Aku hanya menulis
Hanya menguraikan rasa yang telah terliris
Menggores baitan aksara di altar maya
Dan mengeluarkan dentuman isi hati jua kepala

Aku tak gila akan jabatan
Aku tak gila akan pujian
Pun aku tak gila akan bingkisan
Dan aku pun tak gila sejamah tanggapan

Aku menyulam persahabatan
Meski hanya di ruang semu
Dan aku menyaji sebuah ketulusan
Tanpa aku pilah siapa pun diri kamu

MK. 08092020
#Krompyang
#Aku_Sang_Pemulung

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar