UNTUK MENCARI PUISI-PUISIMU CUKUP KETIK NAMAMU DI KOLOM "SEARCH" LALU "ENTER" MAKA SELURUH PUISIMU AKAN TAMPIL DI SINI

Minggu, 05 Desember 2021

Kumpulan Puisi Endang Misnawaty - KECEWA


DOA DAN HARAPANKU

Saat hati lemah,,,,
Letih dan tak berdaya,,
Ku hanya pasrah padamu ya Allah
Memohon ampunan dan kekuatan yang tersisa
Bersujud disajadah mohon ampunan
Atas dosa dan salah yang kulakukan
Dengan doa doa sakral yang tak pernah bosan aku lantunkan

Saat hatiku tenang dan gembira
Takkan kulupa bersujud syukur padamu juga
Dengan kebahagiaan dan kekuatan yang telah Kau berikan
Mohon ampunan dan kebaikan akhlak
Agar ku selalu bersyukur atas karuniamu ya Allah
Menyesali semua salah dan silaf yang pernah aku lakukan

Saat aku lupa
Ingatkan aku agar tidak salah melangkah
Untuk menyusuri jalan kehidupan yang Engkau telah gariskan
Meski kerikil tajam terhampar
Jurang dalam mengangnga
Dan tebing curam yang tinggi
Dan semua rintangan yang kau beri
Kau tetap izinkan aku tetap melewatinya
Meski dengan merangkak dan tertatih
Tapi semua dapat terlewati

Ya Allah,,,,
Ketuk hatiku ketika aku lalai
Cubit tubuhku ketika aku lupa bersyukur
Agar aku tetap ingat jalan pulang yang damai
Bersama ketenangan jiwa yang selalu kau ingatkan
Agar aku selalu ingat berbagi
Akan rezeki yang kau beri

Ya Allah,,,,
Dalam sujudku aku mohon ampunan dosa dan silafku
Agar jiwaku tenang dan senyumku mengambang

By Endang Misnawaty
Di gubuk tua rumaku
Sabtu 18 juni 2016 5: 26
Siantar city

KECEWA

Ketika pedangmu menghujam ulu hatiku
Darah bercucur membasahi bumiku
Tapi aku tetap tersenyum,,,,
Meski perih yang kurasa begitu dalam
Karena Bagiku,,,,
Kata maniismu yang berbalut kepalsuan
Lebih tajam dari pedang yang terhunus

By Endang Misnawaty
Digubuk tua rumahku 25 april 2016
Siantar 15:25


HATI INI MILIKMU

Aku disini,,,
Masih tetap seperti kemarin
Menunggumu dengan rasa yg kian berbunga
Rasa yang sama ketika kau genggam tanganku dengan rasa yang indah
Disini,,,,
Dijalan buntu yang tak berujung
Dilorong gelap tanpa lentera
Disinari cahaya rembulan dan bintang bintang yang indah
Meski redup tapi tetap bersinar indah
Disini,,,
Dijalan sepi yang tak berujung
Aku tetap menantimu dengan rasa yang sama
sama seperti dulu Ketika kita berjalan bersama
Beriring dihujan gerimis tipis
Kita berlari kecil menyusuri setiap jengkal jalan yang kita lalui bersama
Disini,,
Kembali hujan gerimis tipis
Mengingatkan aku pada dirimu yng jauh dibalik gunung
Bersembunyi dari bayang wajahku yang selalu menunggumu
Dengan hati dan rasa yang sama
Seperti dulu waktu kita pertama bertemu
Dijalan gelap tanpa lentera
Jalan yang tak berujung
Disini,,,,,,,,
Aku selalu menantimu
Dengan rasa yang selalu sama
Selalu dan selamnya
Hati ini akan menjadi milikmu

By Endang Misnawaty
Digubuk tua rumahku
Siantar city 24 april 2016 22:27

 

BIMBANG

Saat tangan kasihmu menyentuh hatiku
Begitu indah dan menyejukkan
Bagai terbang melayang membubung di angkasa luas yg tinggi
Semua bagai bidadari yg menari dgn gerakan gemulai
Indah dan sangat mengagumkan
Tatkala senyum manismu hadir menghiasi taman hatiku
Semua bagai terbang,
Indah,,,,
Aku terpesona pada bayangan indah yg menggoda
Meski dirimu hanya khayalan dalam hati yg terdalam
Semua bagai nyata jika dirimu ada disampingku
Duhai,,,,,
Jangan goda aku dengan senyum indah yg memabukkan
Karena saat ini aku sedang terkapar dimabuk cinta
Hingga kuterlena tak berdaya diranjang usang yg hampir roboh
Jangan belai aku dgn jemarimu yg lembut menyusuri setiap anak rambutku yg tergerai
Hingga aku terlena karena cinta
Jangan nyanyikan lagu cinta saat aku berbaring di kakimu
Hinggaku terbuai bermimpi indah dengan nyenyaknya
Duhai,,,,,
Kasihku didunia khayal yg selalu menghiburku
Hingga ku selalu tersenyum dan hampir gila karena cintamu
Hari hari yang selalu aku lewati,,,
Dengan hati dan perasaan cinta karenamu
Semua membuat aku hampir gila karenamu
Meski hatiku selalu bimbang dan bertanya
Adakah dirimu didunia nyata.?
Tapi semua aku tepiskan karena senyummu terlalu lugu
Kata mesramu selalu mengetuk pintu hatiku
Dan bertanya.?
Masih adakah ruang hatimu untukku.?
Agar kumenyusup direlung hatimu
Dan selalu bernyanyi lagu cinta untukmu.?
Dan selalu kujawab....
Masuklah dengan hembusan nafasku
Yg selalu menyebut namamu dalam setiap detak nafasku
Bersemayamlah disana hingga aku tak berdaya karena renta
Dan kita mati bersama dalam alunan cinta yg indah

By Endang Misnawaty
Di gubuk tua rumahku
Siantar kotaku yg indah 5
5 april 2016. 15:49


APRIL YG BERDUKA


Aku ga tau,,,,,,
Mau menangis atau menjerit
Kehilangan dirimu yg sdh kuanggap bagian dari keluargaku
Miu yg selalu nemani aku sholat
Miu yg selalu nemani aku main fb disofa
Miu yg selalu naik tempat tidur utk banguni aku
Miu yg selalu minta digendong ketika aku baru plg dari mana mana
Miu yg selalu minta dimanja sama siapa aja dirumah
Mgkn ga ada miu sebaik dirimu lg yg kujumpai
Miu yg ga pernah nyuri ikan dimeja
Miuku yg manis,,,,,
Aku pasti akan merindukanmu setiap waktu
Karena cuma dirimu temanku dirumah tatkali semua org pergi
Kita selalu bercanda bersama
Kau selalu nemani aku masak didapur
Dan selalu berusaha ganggu aku
Ketika ada ikan yg harus aku bersihkan
Dengan sabar kau selalu nunggu sampai ikan selesai digoreng
Aku pasti merindukan saat2 kita selalu bersama
Saat2 dimana dirimu minta dipeluk
Saat dirimu pulang tengah malam dan cakar2 jendela kaca
Dan saat aku goyangkan kunci rumah
Kau berlari kepintu depan seolah dirimu tau aku bukakan pintu utk dirimu
Miuku yg baik,,,,,
Aku ga tau air mataku ga mau berhenti krn kehilangan dirimu
Kk nisa juga selalu nangis sambil korek lobang untuk kuburmu
Ga ada lagi yg masuk kamar kk nisa utk curi ditempat tidurnya
Dan kau selalu nurut sama kk nisa dimana harus tidur
Meski cuma dialas sarung biar seprei kk nisa ga kotor
Sekarang ga ada lagi yg ngeong2 minta makan sambil ciumi kaki
Dan ga ada lagi yg tidur cuek di sofa tatkala sdh kenyang
Miu sayangku,,,,,
Ga sesedih ini waktu mimi hilang dicuri org
Kaupun dulu ikut sedih karena kawan tidurmu hilang
Ku a mau makan lihat piring mimi kosong
Dan kau juga ga bergairah waktu mimi hilang dicuri org
Sekarang giliranu ningalkan aku dengan kenanan indah
Sengaja kuburmu ditaman biar aku selalu ingat dirimu yg selalu manja
Bg arif lg survey kehutan saat ini
Klo plg dia pasti nangis juga krn dirimu sdh ga ada
Dia yg rajin kasi makan dirimu setiap saat
Sampe ikan dimeja habis dikasi kedirimu
Dia yg selalu bilang sama dirimu
Sono duduk main fb sama mamak saat dirimu ganggui dia ngetik
Dan seolah ngerti kau terus loncat ke sofa dimana aku duduk
Dia nanti pasti nangis klo plg dari hutan
Karena ga ada temannya bercanda nonton tv
Ga ada yg dimasukkan keselimutnya lagi
Saat hujan deras karena takut kau kedinginan
Ga ada yg dipeluk peluknya lagi saat dia nonton tv
Kenangan terindah bersamamu mgkn ga pernah hilang
Kau slalu duduk disampingku nunggui aku selesai sholat
Kadang juga kau ikut duduk disajadah hingga aku harus mengalah
Miu yg pasti kurindukan ,,,,,,
Semoga Allah akan berikan kucing sebaik dirimu utkku dan keluargaaku
Semoga tempatmu di surga ya sayang
Kami yang sangat mencintaimu
Saat ini sangat berduka kehilanganmu
Miuku sayang selamat jalan anakku tercinta
Mungkin Allah lebih mencintaimu

Aprl yg kelabu utkku
3, 4, 2016 jam 8:21
Sintar


TONDIKU

Aku lelah mencintaimu,,,,
Dengan asa yang hampir pupus
Karena mentari telah tenggelam diufuk barat
Yang akan menghitamkan langit menjadi gelap
Disana ada bintang dan rembulan
Yang menawarkan keindahan cahayanya
Rembulan yg bercahaya,,,
Menyinari wajahku yg sendu karena rindu
Rindu terindah hanya untukmu
Bintang yg berkelip indah,,,,
Seindah senyum dan harapanku yg telah sirna
Bersama cahaya nya yg hampir redup
Angin yang berhembus lembut,,,,
Bawa rinduku yg kian menipis
Datang dan berlalu sesukamu
Memporak porandakan hatiku yg semakin lemah
Hingga tak sisakan sedikitpun harapan
Semua musnah,,,,,
Harapan indah bersamamu
Kasih sayang untukmu
Semua telah terkubur dalam harapan kosong
Yg digantung dalam figura indah
Didinding kepalsuan
Pergilah,,,,
Bawa bayang bayang wajahmu
Yg selalu tersenyum penuh kepalsuan
Biarkan aku disini menantimu dgn harapan kosong
Berteman cahaya rembulan yg semakin redup

By Endang Misnawaty
Digubuk tua rumahku
Siantar city kotaku yg indah
Minggu 13 maret 2016 20:06


BIARKAN

Biarkan aku sembunyi
Dari degup jantungku yg bergemuruh kencang karena rindu
Meski mentari tersenyum indah lihat tingkahku yg tersipu malu
Dan semilir angin yg membelai wajahku yg semerah dadu
Biarkan,,,,,, biarkan
Biarkan Hari hari begitu indah dengan sapamu yg lembut merayu
Mendayu bagai kelopak mawar yg sedang merekah indah
Katakan pada burung yg terbang diangkasa luas
Jika saat ini aku sedang jtuh cinta
Accchhhhh,,,,,,
Terasa begitu indah menyapa hatiku yg gundah gulana
Terasa begitu sakit memendan rindu hingga hatiku terhimpit
Hingga mataku semakin sipit
Semua karena rasa yg begitu indah
Mengetuk dan menyeruak tanpa paksa
Hari hari yg begitu sepi
Hingga hatiku laksana mati
Menanti kepastian yg belum pasti
Oooiiiiiiii,,,,,,
Dimana rasa rindu yg bergemuruh didada
Dimana rasa cinta yg menyesak rasa
Semua saling menunjukkan rasa
Senyum indahmu yg tersungging dibibir
Laksana hamparan gurun pasir luas
Merindukan air bagai fatamorgana
Duh gusti,,,,,,
Sembunyikan aku dari rasa cinta yg indah
Agar abadi selamanya
Dan biarkan rasa rindu ini selalu menyusup didada
Karena cinta adalah anugerah

By Endang Misnawaty
Di gubuk tua rumahku
Siantar city kotaku yg indah
23, 2, 2016 13:22


DISAAT DAKU TUA

Anakku
Disaat daku tua,,,,
Bukan lagi diriku yg dulu
Maklumilah diriku
Bersabarlah dalam menghadapiku

Disaat daku menumpahkan kuah sayuran dibajuku
Disaat daku tidak lagi mengingat cara mengikat tali sepatuku
Disaat daku lupa meletakkan sesuatu
Ingatlah,,,,,
Saat saat bagaimana daku mengajarimu membimbingmu untuk melakukannya

Disaat daku dengan pikunnya mengulang terus menerus ucapan yg membosankanmu
Bersabarlah mendengarkanku
Jangan memotong ucapanku
Dimasa kecilmu
Daku harus mengulang dan mengulang terus sebuah cerita
Yang sdh kuceritakan ribuan kali hingga dirimu terbuai dalam mimpi

Disaat kubutuh untuk memandikanku janganlah menyalahkanku
Ingatlah dimasa kecilmu bagaimana aku dgn berbagai cara membujukmu untuk mandi

Disaat aku kebingungan menghadapi hal hal baru dan teknologi moderen
Janganlah mentertawakanku,,,,
Renungkanlah bagai mana aku dengan sabarnya menjawab setiap MENGAPA yg kau ajukan saat itu

Disaat kedua kakiku terlalu lemah untuk melangkah
Ulurkanlah tanganmu yg muda dan kuat untuk memapahku
Bagaimana dimasa kecilmu aku membantumu melangkahkan kaki untuk belajar berjalan

Disaat aku melupakan topik pembicaraan kita
Berilah sedikit waktu padaku untuk mengingatnya
Sebenarnya,,,,
Topik pembicaraan bukanlah hal penting bagiku
Asalkan kau berada disisiku untuk mendengarkanku
Aku sudah bahagia,,

Disaat kau melihat diriku menua
Janganlah bersedih,,,
Maklumilah diriku
Dukunglah aku bagaikan aku terhadapmu
Disaat kau mulai belajar tentang kehidupan

Ditulis kembali
Oleh Endang Misnawaty
25, 2, 2016 8:41
Siantar


LUKA


Kemana kan kubawa luka hati ini
Luka yg mencabik cabik ulu hatiku
Luka yg memporak porandakan hidupku
Luka yg mengiris nadi nadiku
Luka yg menoreh dan menganga
Hingga kumenangis menyesali diri yg hina dihadapanmu ya Allah
Kemana ku akan pergi,,,,
Membawa duka dan harapan yg sirna
Membaka cinta yg tak sampai
Membawa rindu yg kian mencekam
Membawa bayangan indah masa lalu yg kelam
Kemana,,,,, kemana...?
Lelah kumenyusuri jalan panjang yg tak berujung
Jalan yg selalu membawa aku kesimpang jalan
Tempat kita dulu pernah bertemu
Dan berjanji akan selamanya bersama
Dalam suka dan duka yg berkepanjangan
Tapi semua sirna,,,,,
Harapan indah kandaslah sudah
Kita terlalu patuh pada norma agama
Kita berpisah dipersimpangan jalan
Dengan gengaman yg masih terasa
Dengan air mata kepedihan
Dan kata kata yg sulit terucap
Kita saling melambai
Kau keujung sana...
Dan aku keujung lainnya..
Kita saling menempati tahta
Yang sulit bertemu selamanya
Tapi bisa melihat jelas arah dan tujuannya
Dimana mentari terbit dan tenggelam
Itulah tempat kita sekarang
Meski cinta tak harus selamanya memiliki
Tapi kita saling menyayangi

By Endang Misnawaty
Di gubuk tua rumahku
25, 2, 2016. 7:59
Siantar city kotaku yg indah

 

CERITA AKHIR TAHUN

Ya Allah,,,,,,,
Telah kutinggalkan mentari senja ditahun 2015
Untuk menyongsong mentari pagi ditahun 2016
Diakhir tahun semalam kuakui aku sangat bahagia
Bisa mengisi seluruh hidupku dgn hal yg sangat membahagiakan diriku
Juga membahagiakan orang lain meski kutau semua tdk ada yg sempurna
Tapi aku sangat bahagia,,,
Bisa berkunjung kepanti jompo, kepanti asuhan dan bercanda dgn semua sahabat tercintaku
Terlebih mendapat kunjungan adik dan abg kelasku Rawelson Situmorang dan Sonny Bonata Poerba
Juga adek yg sdh kuanggap saudaraku Yeyen Bunda Dilla yg sdh ngacak2 isi dapurku
Semua itu berkah bagiku hingga malam tadi aku nyenyak tidur dlm pelukan malammu
Ditahun yg baru ini ,,,,
aku berharap kehidupan akan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya
dan semua harapan indahku
Harapan indah semua sahabatku bisa terkabulkan
Agar kehidupan kami lebih baik lagi
Aamiinnnn,,,,,,,,,,,,


SELAMAT TINGGAL

Selamat tinggal katamu
Kuakan pergi jauh darimu
Meninggalkan semua kesedihanmu
Meninggalkan semua luka hatimu
Meninggalkan semua kepedihanmu
Yang pernah singgah dihatimu
Semoga mentari esok pagi
lebih cerah untuk menemanimu
Menemani hari harimu
Agar kau lebih bahagia
Lebih menikmati kehidupan yg lebih indah
Dengan rezeki yg berlimpah
Dengan semua sahabat yg lebih mencintaimu
Menyayangimu apa adanya
Dengan semua kelebihan dan kekuranganmu
Dengan semua kebaikan dan ke egoisanmu
Dengan semua kelembutan dan keras kepalamu
Dengan sifatmu yg selalu berterus terang
Meski banyak orang merasa terluka dgn sikapmu
Tapi semua itu karena kau menyayanginya
Kau tidak ingin sahabatmu lebih terjerumus
Dengan semua pujian yg membuai dirinya
Maafkan jika aku salah dgn sikapku yg tegas
Dan melukai hatimu
Semua kulakukan karena aku sayang kamu
Aku ingin kau apa adanya
Dengan segala kekurangan dan kelebihanmu
Di akhir tahun yg indah ini
Azinkan aku berharap utk semua yg indah untukmu
Meski cuma harap...
Semoga allah selalu mengabulkan doa kita semua
Dan memberikan semua kebaikan dan keindahan
Juga kebahagiaan ditahun yg akan dtg esok hari
Salam sayangku selalu untukmu sahabatku
Tanpamu aku bukanlah siapa siapa....
Karena kau, aku, kita adalah sahabat

By Endang Misnawaty
Digubuk tua rumahku
Akhir tahun 31 desember 2015
Siantar city kotaku


ENTAHLAH


Tuhan,,,
Aku lelah selalu menghindar
Aku lelah selalu sembunyi
Dari rasa yg aku sendiri tak tau maknanya
Begitu sakit...
Aku marah,,,,
Aku kecewa akan hatiku yg resah

Tuhan.....
Izinkan aku pamit dari bayang wajahnya
Izinkan aku lupakan semua kenangan tentang dirinya
Aku lelah selalu menghindar dan berpura pura

Aku lelah,,,
Pasrah,,,,
Dan menyerah

By Endang Misnawaty
Digubuk tua rumahku
Siantar city 28 jan 2016 14:33

 

DIMANA

Kemana kucari dirimu yg tersaput bayang bayang
Lelah sudah kuberjalan menyusuri jalan kenangan
Hingga kakiku tak berdaya
Tertatih ku melangkah
Diantara sepinya hati dan kenangan
Dimana...?
Bayang wajahmu yg tersenyum manis untukku
Panas mentari yang membakar tubuhku
Hingga legam tak berwarna
Derasnya hujan basahi tubuhku
Hingga menggigil kedinginan
Kerasnya badai hancurkan tubuhku
Hingga hancur tak berbentuk
Kencangnya angin terbangkan serpihan tubuhku
Yg berterbangan bagai debu diangkasa luas
Inikah aku tanpa dirimu disisiku
Sepi yg garing bagai musim panas berkepanjangan
Acccccchhhh......
Aku lelah..
Ingin kuberbaring dihamparan rumput yg hijau
Merenda kenangan bersamamu yg tak pernah pupus dibalik indahnya kenangan
Tapi dirimu dimana.??
Adakah kau masih bersemayam dihatiku
Menempati kisi kisi hatiku yg terdalam
Dan menari dikelopak mataku yg tak bisa terpejam
Aku lelah mencari bayangmu diantara hamparan debu yg berterbangan
Berdendang dgn lagu yg sumbang
Dgn nyanyian tanpa nada
Di iringi dawai tanpa petikan beraturan
Duhai...
Dimana dirimu....?
Kini aku semakin lelah dan tak berdaya
Pasrah.......

By Endang Misnawaty
Digubuk tua rumahku
11 okt 2015 11;01


KASIH

Kasih,,,,,,
Jangan kau bertanya arti luka dihatiku
Luka itu begitu perih....
Hingga aku harus sembunyi
Diantara bayang bayang cakrawala
Menutup diri dari keramaian
Luka itu semakin perih
Ketika mentari pagi menyapaku
Dengan awan gelap bergelantungan disisinya

Kasih,,,,,
Adakah kau tau
Suaraku parau krn memanggil namamu
Tapi kau tak pernah perduli
Aku tertatih berlari dilorong gelap tanpa lentera
Mencari bayangmu diantara kunang2 malam
Tapi kuhanya bertemu desiran angin
Yg berhembus pelan

Kasih,,,,,
Luka itu semakin luka
Perih tanpa harus menangis
Toh air mata takkan berharga
Meski setiap tetesnya punya makna
Dan hati semakin membeku
Karena senja telah berakhir
Kukan cari bayangmu disetiap lorong gelap tanpa lentera
Meski kunang kunang menari riang
Toh dia punya cerita sendiri
Yg tak mgkn kutulis jadi puisi

By Endang Misnawaty
Di gubuk tua rumahku
7/9/2015 20:13


JERAT


Terjerat tanpa tali yang mengikat
Terkurung tanpa sangkar yang terkunci
Setia menantimu hingga kembali
Tapi aku tak tau dirimu dimana.?
Hanya bayang yg buram
Menari di kelopak mata
Yang tertunduk karena mataku sdh ngantuk

 

By Endang Misnawaty
Di gubuk tua rumahku
7/9/2015 20:13

 

PERJALANAN YG BEGITU PANJANG

Perjalanan yg begitu panjang
Penuh liku dan rintangan
Ada tawa dan tangis
Ada suka dan duka
Semua bagai air yg mengalir
Kadang bergelombang
Kadang tenang
Kadang juga penuh riak

Perjalanan yg begitu panjang
Kadang kita dicintai
Kadang kita disayangi
Tak jarang juga kita dibenci
Semua bagai lembaran buku
Yg harus dipahami lembar demi lembarnya
Karna selalu berbeda lembar yg satu dgn yg lainnya

Perjalanan yg begitu panjang
Pertemukan aku dgn dia yg menyayangi
Dgn dia yg mencintai
Bahkan mengerti semua keinginanku
Hingga bahagia yg kurasakan
Tak terungkapkan

Perjalanan yg begitu panjang
Pertemukan aku dgn dia yg membenci
Bahkan menyakitiku
Hingga aku menangis pilu
Dan tak bisa melupakan

Perjalanan yg begitu panjang
Buahkan rindu dan kasih sayang
Bahkan cinta yg begitu indah
Tempatku bersandar dibahunya
Dengan damai yg begitu indah
Bahagia yg kurasa
Ada tempatku bersandar dibahunya
Ada tempatku bersujud dibumiNYA
Dgn khusuk memohon ridhonya
Semoga bahagia yg kurasa
Tdkkan sirna selamanya

By Endang Misnawaty
DIgubuk tua rumahku
Siantar city 28/8/2015 21:52
Dia yg kusayang


MAWAR MERAH

Mawar merah yg kau beri padaku
Ternyata telah melukai tanganku
Ingin aku menangis
Menjerit.....
Tapi suaraku parah
Hanya butir air mata yg jatuh

Mengadu
Semua mustahil
Karna kau tak ingin dengar tangisku lagi
Kau tutup telingamu karna suaraku
Meski aku menangis dan menjerit
Memanggil namamu..
Kau tidak pernah perduli
Kau melangkah pergi
Tinggalkan aku dgn mawarmu

Mawar merah yg indah
Yg kau katakan tanda cinta
Kini telah melukai aku
Genggamanku ternyata menoreh luka
Hingga tanganku berdarah
Dan kini berlinang air mata

Mawar merah yg penuh duri
Bawa kisah indah ttg kits
Tapi sangat menyakitkan
Untuk aku kenang sepanjang hari

By Endang Misnawaty
DIgubuk tua rumahku
1/9/2015 19:46

ENDANG MISNAWATY






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar